Sunday 28 May 2017

6 Tips Hemat Selama Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba, waktunya bagi umat muslim menjalankan ibadah puasa. Jika dihitung secara logis, pengeluaran selama bulan puasa seharusnya menurun karena pengeluaran untuk makan akan berkurang, dari yang biasanya membeli camilan, makan 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali dalam sehari. 

Namun apakah betul begitu? Ternyata, tidak juga. Berdasarkan pengalaman banyak orang, selama bulan puasa ini malah pengeluaran jadi melonjak 2 hingga 3 kali lipat. 


1. Buat Daftar Menu Selama Satu Bulan

Di bulan Ramadhan ini kamu harus lebih menata menu makanan setiap harinya di saat sahur maupun berbuka. Catat pula berapa orang yang akan ikut memakan makananmu nanti. Cantumkan juga bahan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlah yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk memudahkan kamu dalam menghitung estimasi pengeluaran kamu selama sebulan. Selain itu, kamu tidak akan memiliki sisa makanan berlebih, jadi tidak ada makanan yang terbuang jadi lebih hemat.
Tips:  Biasakan untuk mencatat menu sahur dan berbuka, dengan begitu kita menjadi lebih jelas saat berbelanja bahan makanan dan terhindar dari sifat boros.  

2. Belanja Kebutuhanmu Langsung Untuk Sebulan Kedepan

Belanja Untuk Sebulan Agar Murah via blogspot.com
Belanja Untuk Sebulan Agar Murah via blogspot.com
Harga bahan pokok makanan selama bulan Ramadhan diprediksikan akan terus meningkat. Hal ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan kamu pasti sudah tahu akan hal ini. Kenaikan harga ini akan berdampak besar pada membengkaknya pengeluaran bulanan kamu. Bagaimanapun, jadi kamu akan selalu butuh bahan pokok makanan itu.
Supaya bisa berhemat kamu harus berbelanja bahan pokok makanan yang bisa tahan lama untuk jangka waktu satu bulan ke depan, sehingga kamu tidak perlu membeli barang tersebut ketika harganya dalam posisi mahal nantinya. Selain hemat, aktivitas belanjamu juga jadi efektif.
Tips: Manfaatkan promo atau diskon yang ada di supermarket saat belanja, ini akan membuat pengeluaran kamu saat belanja lebih hemat. Apabila tidak terbiasa belanja untuk keperluan sebulan, upayakan untuk belanja mingguan dan selalu membawa catatan apa saja yang perlu kamu belanjakan.   

3. Batasi Berbuka Puasa Di Luar

Sering BukBer Bikin Boros via stasiareport.com
Sering BukBer Bikin Boros via stasiareport.com
Saat bulan puasa, kamu akan sering menerima ajakan untuk buka bersama atau lebih dikenal BukBer oleh teman kerjamu, keluargamu, bahkan teman kecilmu. Tentu hal ini sangat boleh dilakukan, karena merupakan bagian dari silaturahmi dengan orang lain. Tapi jangan sampai keseringan melakukan buka puasa di luar. Harga bahan makanan yang meningkat membuat harga makanan di restoran juga naik, jadi pengeluaranmu pasti lebih banyak.
Tips: Atur jadwal berbuka puasa dengan baik dan usahakan untuk berbuka puasa dan memilih menu makanan di luar sesuai dengan bujet kamu. Bawa sendiri minuman air putih kamu agar lebih hemat.  

4. Bawa Bekal Dari Rumah

Bawa Bekal Dari Rumah via shutterstock

Ketika pekerjaanmu memaksa kamu untuk bekerja lembur sehingga kamu tidak bisa berbuka puasa di rumah, bawalah bekal dari rumah. Membawa bekal akan membuat kamu tidak pergi buka puasa di restoran atau tempat makan lainnya. Sudah pasti harga makanan di restoran atau tempat makan akan lebih mahal dibandingkan jika kamu membawa bekal dari rumah.
Tips:  Bawalah menu bekal untuk berbuka puasa yang tidak mudah basi, dan snack berbuka seperti buah kurma atau pun buah-buahan segar lainnya. 

5. Membeli Makanan Jadi

Makanan Jadi Lebih Praktis via shutterstock
Memasak makanan sendiri bisa jadi lebih murah untuk kamu yang memasak dalam jumlah cukup besar, seperti untuk satu keluarga. Tapi jika kamu hanya memasak untuk diri sendiri, biaya yang kamu keluarkan untuk memasak akan jadi lebih mahal loh. Biaya untuk gas, minyak, listrik, dan bahan pokok makanan yang melonjak akan semakin menambah pengeluaranmu, lebih baik belilah makanan langsung jadi di pasar dalam jumlah yang sedikit hanya untuk dirimu sendiri. Dijamin harganya akan lebih murah dan kamu bisa lebih hemat.
Tips: Membeli makanan jadi untuk sahur maupun berbuka memang lebih praktis, tapi jangan lupa pilih penjual makanan yang juga memperhatikan kebersihan. Biar lebih hemat, kamu juga bisa membeli lauk-pauk dan sayur-mayur saja, untuk nasinya bisa memasak sendiri.  

6. Membuat Kue Lebaran Sendiri

Buat Kue Lebaran Sendiri Lebih Murah via blogspot.com
Buat Kue Lebaran Sendiri Lebih Murah via blogspot.com
Harga bahan makanan yang naik sering menjadi alasan bagi penjual kue lebaran untuk melipat gandakan harga jual kuenya. Tentu saja kamu akan sebagai konsumen akan sangat dirugikan, karena untuk harga satu bungkus kue saja kamu harus membayar harga bahan pokok yang meningkat ditambah dengan keuntungan dari penjual. Jadi mengapa kamu tidak membuatnya sendiri saja? Jadi kamu hanya perlu membayar harga bahan pokoknya saja. Lebih hemat bukan?
Tips: Biar hemat, beli bahan-bahan kue dalam jumlah besar, dan buatlah variasi kue-kue lebaran dari bahan-bahan yang sama. Bagi kamu yang tidak bisa membuat kue, bisa juga belajar via internet, membuat kue sendiri bisa menjadi hal yang menyenangkan dan tentunya menghemat. 

Selalu Ingat Untuk Berhemat

Lakukan puasa dengan niatan yang baik, jalankan ibadah puasa ini dengan menjaga diri dari hal-hal yanng membatalkan puasa dan tentunya berlajar buat mengendalikan keuangan dari hal-hal yang membuat kita gampang boros. Selalu ingat kebiasaan baik yang sudah kamu lakukan selama ini agar keuanganmu selalu terjaga dan stabil setelah bulan Ramadhan berlalu. Jadikan puasamu penuh hikmah dan bermakna.

Tinggalkan Komentar, Gunakan Kata Yang Sopan dan Santun, Dilarang Bersifat Rasis dan Provokatif.
EmoticonEmoticon