Friday 9 June 2017

Trik Membaca 5 Bahasa Wajah Lawan Bicara

Membaca bahasa tubuh seseorang adalah urusan yang rumit. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang ahli saja.
Contoh, jika ada orang menyilangkan tangannya ke depan tubuh, kamu bisa berasumsi jika dia orang yang tertutup, padahal sebenarnya kedinginan. Mengetahui jenis gerak tubuh dan ekspresi wajah ini harus kamu kuasai.

Terlebih jika kamu punya banyak kolega bisnis. Karena terkadang penampilan non verbal seseorang tidak sesuai dengan apa yang dia katakan secara langsung.
Dilansir Business Insider dari jurnal penelitian Psychology Today, ada 4 bahasa dan ekspresi utama pada wajah. Dan ini wajib kamu pahami agar mengerti maksud dari lawan bicaramu.
1. Tawa dan senyum palsu
amber litzinger/flickr
Jika kamu melihat orang mencoba terlihat tertawa bahagia tapi sebenarnya tidak, lihatlah kerutan di sekitar mata. Saat mereka benar-benar bahagia, kerutan akan terlihat. Sebaliknya, mereka yang memalsukan tawa dan senyum, kerutan akan tidak tampak!
2. Mengangkat alis
Flickr/Jason Pratt
Menaikkan alis adalah karena ketidaknyamanan dengan orang atau tempat sekitar. Jadi, jika ada orang yang memuji gaya rambut atau pakaianmu dengan alis terangkat, bisa jadi dia tidak tulus.
3. Tiga bagian wajah 'berbicara'
Business Insider
Kamu sedang berbicara dengan orang, lantas dia malah mengepalkan rahang, menggosok leher, mata menyipit, dan menurunkan dahu, apa artinya? Dia benar-benar sedang stres dan tidak nyaman, menurut agen intelejen FBI, Joe Navarro.
4. Tertawa lepas
mooks262/Flickr
Saat seseorang menerima humormu, mereka cenderung tertarik padamu. Penerimaan humor yang positif memainkan peran penting dalam perkembangan manusia. Mereka berfungsi sebagai cara memberi sinyal keinginan untuk menjalin hubungan yang berlanjut.
5. Sedih
Herald/Greg Bowker
Dalam bukunya "The Tell," psikolog Matthew Hertstein menjelaskan jika kamu melihat orang yang sedang bersedih, coba lihat sudut dalam alisnya. Jika sudut alisnya tidak naik dan masuk, mungkin dia tidak sedang sedih sama sekali.

Tinggalkan Komentar, Gunakan Kata Yang Sopan dan Santun, Dilarang Bersifat Rasis dan Provokatif.
EmoticonEmoticon