Friday 21 July 2017

Apabila Makan 2 Butir Telur Sehari


Telur adalah salah satu jenis makanan yang kaya protein, mudah didapatkan, dan harganya terjangkau. Meski begitu, ada sebagian orang yang menghindari untuk memakan telur sebab dulunya ada kesalahpahaman umum bahwa telur tidak baik untuk kesehatan karena kadar kolesterolnya yang tinggi. Tapi di lain sisi, banyak pula dokter ahli gizi yang menyarankan untuk makan telur minimal 2 butir sehari untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Lalu apa yang akan terjadi pada tubuh jika rutin makan telur 2 butir sehari?

1. Tubuh Akan Terhindar dari Resiko Terkena Kanker Payudara
Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan. Namun jika dengan makan telur minimal 2 butir sehari untuk mengurangi resiko terkena kanker payudara, kenapa tidak? Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal "Breast Cancer Research", makan telur setiap hari bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 18%. Bukan tanpa alasan sebab telur mengandung banyak asam amino, vitamin, serta mineral yang akan menstabilkan kadar estrogen yang terkadang bisa menjadi penyebab utama kanker payudara.
2. Tubuh Akan Terhindar dari Resiko Terkena Penyakit Kardiovaskular
Sebuah riset  yang telah dilakukan di Biomedical Research Center of Louisiana, menunjukkan bahwa peserta riset yang hanya makan 2 butir telur dalam beberapa waktu ternyata menunjukkan hasil yang mengejutkan. Mereka telah kehilangan sekitar 75% berat badan dan 35% lemak perut, serta tidak terjadi penambahan kadar kolesterol pada tubuh mereka.
Semua itu bisa terjadi karena telur mengandung hingga 40 gram kolesterol baik (HDL) yang dapat mencegah berbagai penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada telur juga dapat mengurangi kadar trigliserida yang pada prosesnya bisa mencegah terjadinya masalah kardiovaskular.
3. Memperlambat Proses Penuaan
Menurut sebuah studi yang telah dilakukan di Jerman, makan telur secara teratur bisa menghentikan proses penuaan dan mencegah terkena resiko kanker kulit. Itu karena telur mengandung pigmen organik seperti karotenoid yang bisa memperlambat proses penuaan. Namun, agar bisa merasakan manfaat ini sepenuhnya, Anda perlu mengkonsumsi telur rebus karena mengandung lebih banyak karotenoid dengan terjadinya perubahan kimiawi saat telur direbus.
4. Penglihatan Akan Menjadi Lebih Baik
Bermasalah dengan penglihatan? Segeralah rutin makan telur sebab telur juga kaya akan vitamin A yang sangat penting untuk penglihatan. Juga terdapat antioksidan kuat berupa lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan penglihatan, sekaligus mencegah banyak masalah yang terkait dengan penglihatan.
5. Otak Akan Terlindungi
Telur mengandung kolin, nutrisi penting yang sangat penting bagi otak. Kolin adalah bekerja sebagai neurotransmiter yang akan mengirimkan rangsangan ke otak dan sistem saraf.
6. Terlindungi dari Resiko Cacat Lahir
Ternyata telur memang perlu dimakan bagi wanita hamil sebab bisa mengurangi resiko cacat lahir serta mencegah terjadinya kerusakan pada sistem saraf janin yang dikandung. Semua ini bisa terjadi karena telur mengandung 0,7 mcg vitamin B9 (asam folat), dimana kandungan vitamin B9 pada telur merupakan yang terkaya dari jenis makanan lainnya.
7. Tulang Akan Terjaga Kesehatannya
Telur kaya akan vitamin D dan kalsium yang merupakan 2 nutrisi penting untuk tulang dan gigi. Menurut penelitian, kalsium dan protein akan bekerja sama untuk menjaga kadar kalsium dan menjaga proses metabolisme tulang tetap stabil. Sementara itu, vitamin D yang biasanya didapatkan dari sinar matahari pagi juga sangat penting untuk kesehatan tulang. Dan itu bisa didapatkan pula pada telur.
8. Rambut, Kulit, dan Hati Akan Terlindungi
Kuning telur mengandung protein dan belerang yang bisa merevitalisasi rambut kusam dan lemah, sekaligus meningkatkan kualitas kulit. Telur juga mengandung lesitin, zat yang membantu hati dalam proses detoksifikasi dan memperbaiki pencernaan.

Sumber : vebma.com

Tinggalkan Komentar, Gunakan Kata Yang Sopan dan Santun, Dilarang Bersifat Rasis dan Provokatif.
EmoticonEmoticon